Internship's · My Stories

KP: Komodowarriors STEP 1

Keep Faith

Because my life are both GRACE and BLESS from Him.

Tingkat tiga diakhiri dengan proses kerja praktek yang memakan 3 sks dari 144 sks lulusku. HELP!! It’s too much 🙂 Sebelum memulai tingkat tiga aku bahkan sudah mendamba-dambakan akan Kerja Praktek dimana (MY number ONE LIST, LIPI and perusahaan minyak). Tetapi ternyata semuanya berbeda 180 derajat dari rencana awal. Aku tertarik buat kerja praktek di perusahaan minyak di bidang kesehatan lingkungannya untuk praktek bioremediasi yang jadi salah satu alasan kenapa aku milih BIOLOGI jadi jurusanku sekarang, klo LIPI karena aku pengen kerja di bidang molekuler tumbuhannya (yah BIOREMEDIASI dan MOLEKULAR TUMBUHAN jadi dua topik biologi yang sejak lama aku pikir akan menjadi dasar untuk mewujudkan cita2 lamaku).

Pilihan pertama jatuh ke CHEVRON, tapi sayang wajib lulus 100 sks dan aku baru selesein 96 sks and then chevron langsung tercoret dari listku. LIPI? Ntah kenapa aku miss informasi tentang LIPI gegara waktu cari-cari di google, LIPI harus punya topik dulu terus cari pembimbing dll. Dan jiwa super moody dan malasku pada saat itu memutuskan untuk tidak melanjutkan proses kepo LIPI. Akhirnya dari buku KP kakak2 kelas aku yang dulu2 aku milih untuk menghubungi INDESSO dan WWF (super jauh dari pilihan utamaku). Minggu kedua setelah pengiriman email pertama, INDESSO menjawab emailku dengan sangat ramah hingga kemudian2 sampai ke permintaan pengiriman surat resmi dari TU dan proposal KP). Ketika aku hampir menjatuhkan pilihanku untuk ngurus semua administrasi yang diminta oleh INDESSO, sobatku ngajak buat coba tanya ke TN. Komodo siapa tau nerima anak kerja praktek (dan aku terhasut dengan semua keindahan pulau Komodo yang ia ceritakan). Telpon sana-sini dan email ini itu, akhirnya sampai ke proses pengiriman surat resmi TU dan proposal (semua proses pembuatan surat dan proposal selesai dalam kurun waktu tiga minggu hingga pengiriman melalui email).

waiting is a wasting and boring time

Aku hampir putus asa ketika harus menunggu jawaban diterima atau tidaknya. Bahkan aku konsultasi dengan dosen koordinator KP dan beliau menyarankanku untuk apply ke tempat lain apabila dalam kurun waktu sebulan lebih tidak ada jawaban. Karena sudah lebih dari tiga minggu aku mengabaikan permintaan INDESSO tentang pengiriman proposal sekaligus surat resmi dari TU, aku merasa bersalah dan memutuskan untuk tidak meneruskannya dan fokus dengan TNK. Namun orang yang ngga sabaran sepertiku ini yaa bener-bener ngga sabaran. Hahaha. Akhirnya aku memutuskan untuk mencari info tentang kemungkinan tempat KP baru dan pilihan jatuh ke BBPP Lembang. Setelah tanya kesana-kesini, aku akhirnya dapat info tentang KP disana dari temanku anak UNS yang ternyata akan melaksanakan KP juga di BBPP Lembang. Dan orang yang labil kayak aku ini masih ragu-ragu untuk apply kesana dikarenakan lokasinya masih di sekitar Bandung (accually not so importan reason but that’s also in my list). Oleh karena itu, aku memutuskan untuk mencari-cari tempat KP yang aku inginkan dan saat membaca salah satu jurnal untuk tugas matakuliahku aku menemukan kontak yang dapat dihubungi untuk kemungkinan KP di BIOGEN Bogor. Beberapa hari setelah menemukan kontak itu, aku menghubunginya via email dan kira-kira dua hari setelahnya emailku dibalas dan proses selanjutnya tinggal mengirim surat resmi dan proposal.

but well, God plan’s is always on the right time, isn’t it?

Tepat setelah beberapa menit aku menerima balasan email tersebut, email baru masuk dan ternyata email balasan setelah sekian lama dari TNK. Dan hasilnya, aku dan sobatku diterimaaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!

Thank God.

But, untuk tetap percaya dan ngga putus asa, kau perlu berusaha bukan? Berusahalah dengan doa2 teduhmu, just don’t forget to always PRAY whatever obstacle may come 😉

Well, if you believe and keep faith waiting is never a wasting time 🙂

TNK

One thought on “KP: Komodowarriors STEP 1

Leave a Reply

